Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan
PNPM-Perkotaan
Warta
,
Selamat datang di website PNPM Mandiri Perkotaan!
HomeWartaArtikelFK-BKM Kabupaten Cianjur Berupaya Membangun Sinergi
Bagi rekan pelaku dan pemerhati P2KP yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan P2KP dan KBP ke Redaksi: Email Redaksi

Tulisan yang dikirim berformat document word (.doc) disertai foto dan keterangan foto. Foto sebaiknya berformat .jpg atau .bmp, dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen). Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

Atau, dapat langsung dikirim melalui web (klik "kirim"), syaratnya, Anda sudah terdaftar sebagai member web P2KP. Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di web P2KP tercinta ini.
Cianjur, 15 April 2010
FK-BKM Kabupaten Cianjur Berupaya Membangun Sinergi

Forum Komunikasi Badan Keswadayaan Masyarakat (FK-BKM) Kabupaten Cianjur adalah sebuah wadah yang dibentuk oleh anggota-anggota BKM di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Cianjur, Kecamatan Pacet dan Kecamatan Cipanas.

Jumlah anggota FK-BKM saat ini mencapai 299 orang, yang tersebar di 25 desa. Ditambah Unit-unit Pengelola BKM, seperti Unit Pengelola Lingkungan (UPL), Unit Pengelola Sosial (UPS) dan Unit Pengelola Keuangan (UPK), yang berjumlah sekitar 255 orang. Belum lagi relawan yang jumlahnya diperkirakan mencapai 1.320 orang.

Angka Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) yang dapat diakses adalah Rp4,15 miliar yang bersumber dari APBN dan Rp940 juta bersumber dari APBD, sedangkan swadaya yang dapat dikumpulkan mencapai Rp1.548.960.000. BLM tersebut berhasil diterima manfaatnya oleh masyarakat lewat tridaya pemberdayaan—lingkungan, sosial dan ekonomi.

Salah satu visi FK-BKM ini hampir sama dengan visi PNPM secara umum. Yaitu, membantu mewujudkan dan menyelenggarakan pembangunan dan upaya penanggulangan kemiskinan di tingkat lokal yang bersih, mandiri, serta berkelanjutan, berdasarkan prinsip dan nilai-nilai luhur kemanusiaan. Sedangkan misi FK-BKM adalah memberikan masukan, dukungan dan koreksi terhadap kebijakan pemerintah kota dan implementasi pembangunannya.

Untuk mengimplementasikan visi dan misi itu akan sulit untuk direalisasikan apabila FK-BKM kurang mampu bersinergi dengan semua pihak, baik yang terkait langsung maupun tidak langsung. Pihak yang terkait langsung dalam hal ini, adalah instansi pemerintah, seperti Satuan Kerja Dinas Tata Ruang dan Permukiman pada Kementerian Pekerjaan Umum, pemerintahan daerah (pemda) lewat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD), Badan Pengawasan Daerah (BPD), lembaga legislatif, pemerintahan kecamatan, pemerintahan desa, dan konsultan wilayah. Sedangkan instansi yang tidak terkait langsung adalah semua dinas dan instansi yang ada di Kabupaten Cianjur, baik pemerintah maupun swasta.

Saat ini BKM masih merasakan kesulitan untuk bersinergi dengan pihak-pihak tersebut. Bahkan, di tingkatan basis, masih ada beberapa desa yang terkesan menghambat jalannya PNPM. Diharapkan, dengan banyaknya kegiatan yang diselenggarakan seperti lokakarya, pembentukan Komunitas Belajar Perkotaan (KBP), pengaktifan FK-BKM, dapat memberikan solusi. Antara lain, dengan menghadirkan beberapa stakeholder dari dinas dan instansi terkait dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Kemudian, BKM dapat menyampaikan segala permasalahan serta melakukan koordinasi langsung guna menemukan solusi dalam menyelesaikan kendala-kendala yang terjadi di lapangan.

Harapan kami, FK-BKM dapat bersinergi dengan semua pihak, saling meningkatkan koordinasi dan komunikasi tentang program pembangunan dan penanggulan kemiskinan, sehingga apa yang menjadi visi dan misi bersama dapat diimpelementasikan. (Sulaeman Bukhori, SPd., Koordinator FK-BKM Kabupaten Cianjur; Firstavina)

(dibaca 1370)
KOMENTAR ANDA:
Kembali ke atas | Kirim komentar | Kirim Warta | Indeks Artikel | Arsip Artikel | Print
PNPM Mandiri Perkotaan:
Jl. Danau Toba F 3 No. 8, Jakarta Pusat 10210
Total pengunjung hari ini: 6842, akses halaman: 7432,
pengunjung online: 585, waktu akses: 0,031 detik.
Didukung oleh: World Bank & Islamic Development Bank